Mengenai SayaBIODATA Asy’ari Hidayah Hanafi dengan nama pena Ary Toekan, lahir di Wewit-Adonara Te

Adonara, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
BIODATA Asy’ari Hidayah Hanafi dengan nama pena Ary Toekan, lahir di Wewit-Adonara Tengah-Flores Timur pada tanggal 11 Agustus 1981. Menamatkan strata I pada Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kupang pada tahun 2009. Asy’ari Hidayah Hanafi kini menjadi guru pada SMP Negeri Panca Marga Kolimasang, Adonara, Flores Timur, NTT. Pengalaman menulis :  Karya jurnalistik, esai dan puisi dimuat di Media Online weeklyline.net, Flores Post, Jong Flores, Kalabahi Pos dan Media Pendidikan Cakrawala NTT.  Menulis Buku “Tapak Tuah” Antologi Puisi Tiga Pengajar Muda Flores Timur Penerbit Nusa Indah, Ende 2017  Menulis Buku “Revolusi Mental Ala Guru” Kumpulan Esai Guru Flores Timur Penerbit Coral Maumere 2018 Asy’ari Hidayah Hanafi juga menjadi pembicara dan Nara Sumber diklat menulis dibeberapa sekolah dan Komunitas Anak Muda di Flores Timur. Pengurus Asosisasi Guru Penulis Indonesia (AGUPENA) Cabang Flores Timur. Aktif di Nara Teater Flores Timur dan menjadi salah satu aktor dalam Lakon “Ina Lewo” Pentas Pekan Teater Nasional 2018, Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta 13 Oktober 2018.

Rabu, 28 Oktober 2015

MENULIS MEMAKSIMALKAN SEMUA POTENSI

 ( Acara Pembukaan Workshop Penulisan Cerpen, Dari kiri ke kanan
Pion Ratulolly, Kepala Sekolah SMPN 1 Adonara Tengah, 
Kaur Kurikulum SMP N 1 Adonara Tengah)
 
Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober  OSIS SMP Negeri 1 Adonara Tengah gelar serangkaian kegiatan berupa Workshop Penulisan Cerpen pada hari Selasa, 27 Oktober 2015 menghadirkan nara sumber sastrawan muda NTT Pion Ratulolly yang dilanjutkan dengan perlombaan yang meliputi lomba menulis puisi, lomba membaca puisi, lomba pidato pada hari Rabu, 28 Oktober 2015.


 (Dari kiri ke kanan Pion Ratulolly, Asy'ari Hanafi, Atanasius Boli
 sedang menyunting hasil tulisan peserta Workshop)

Dalam laporannya Ketua Panitia Adrianus Doni Beda menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober.
Pembina OSIS SMP Negeri 1 Adonara Tengah Asy’ari Hidayah Hanafi, S.Pd menyatakan bahwa mengingat semakin menurunnya minat dan kesadaran para generasi bangsa dalam memperingati hari sumpah pemuda, maka kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme di dalam diri para siswa. Selain itu kegiatan ini juga berguna sebagai sarana berekspresi bagi siswa dan mengembangkan bakat-bakat siswa di bidang akademik dan non akademik. Kegiatan ini bertujuan memaksimalkan potensi yang dimiliki peserta didik dalam dunia tulis menulis oleh karena itu tema  yang dipilih dalam kegiatan ini kegiatan ini adalah ‘Gali Potensi Raih Prestasi” Ungkap Guru Mata Pelajan Biologi ini. 
Dalam acara pembukaan Worksop Penulisan Cerpen dihadapan siswa/siswi, guru-guru serta pegawai tata usaha Kepala Sekolah Gergorius Loli Mawar, S.Pd menyatakan bahwa sejak berdirinya lembaga untuk SMP Negeri 1 Adonara Tengah ini empat tahun silam, kegiatan memperingati Bulan Bahasa dan hari Sumpah Pemuda merupakan kegiatan yang pertama, dan biasanya cinta pertama itu sulit untuk dilupakan, apalagi saat ini kita kehadiran seorang sastrawan yang ingin berbagi ilmu menulis untuk kita, ini sebuakesempatan besar yang harus kita gunakan dengan sebaik mungkin.
Loli Mawar yang juga mantan Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Adonara Timur ini mengatakan  bahwa menulis dapat terjadi melalui banyak latihan, menulis itu memaksimalkan semua potensi diri, sulit membuat tulisan yang mampu menggugah sesorang untuk tertarik pada tulisan kita. Tidak semua orang bercita-cita menjadi pejabat, oleh karena itu keterampilan diri harus diasah demi menopang hidup dimasa depan. Potensi dalam diri siswa telah ada, sekarang saatnya kita memaksimalkan potensi diri ini. Mulai dari yang kecil dan kemudian menjadi besar. Dengan pelatihan hari ini kita akan petik hasilnya di masa yang akan datang Kita harus berbangga karena dapat mengikuti pelatihan ini, ungkap Mawar.

 
(Pose Bersama Sastrawan Muda NTT Pion Ratulolly)
Disela-sela membawakan materi sastrawan muda NTT Pion Ratulolly menyampaikan bahwa  beliau senang berbagi, apalagi berbagi ilmu pengatahuan, semakin dibagi ilmu semakin banyak. Setelah memberikan tips menulis cerpen dan memberikan kesempatan kepada peserta workshop membuat cerpen dan peserta yang memiliki tulisan yang terbaik diberi hadiah buku hasil karyanya. Pion juga menyampaiakn bahwa semangat berbagi ini termotivasi karena beliau tengah bermimpi semoga kelak disuatu saat Adonara ini menjadi satu pulau yang didalamnya terkumpul para penulis, karena bagi orang lamaholot menulis bukan hal yang sulit, hal ini telah terbukti pada generasi sebelum kita ini. Penulis buku antologi Cerpen Wasiat Kemuhar ini mengatakan mari kita ciptakan iklim ilmiah di wilayah kita dengan membiasakan budaya membaca dan menulis.
Alfons Samon Demon Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Adonara Tengah menyampaikan bahwa selama ia menjadi guru sejak tahun 1984 yang telah mengajar dibeberapa sekolah di Kabupaten Flores Timur dan pernah mengadakan kegiatan Bulan Bahsa akan tapi baru kali kegiatan berupa Workshop Menulis Cerpen ia temui, bahkan dibangku SMP saat menjadi siswa juga Alfons tak pernah mengikuti pelatihan ini. Harapan sang guru tua ini, yang disampaikan dengan peribahasa bahwa anak-anak ku dan guru-guru mudan nan energik “usiamu baru setahun jagung dan darahmu baru setampuk pinang”  perjalanan hidupmu masih panjang
semoga yang telah memiliki potensi termotivasi untuk terus mengembangkan diri dalam dunia menulis.
Salah seorang peserta Workshop Penulisan Cerpen Muhammad Erwin Ilyas berpendapat bahwa kegiatan ini membuat saya merasa sangat senang karena saya mengekspresikan keinginan saya, siswa kelas VIII B ini mendapat dua buah buku karya Pion Ratulolly karena tulisannya dipilih menjadi tulisan terbaik dari 33 peserta workshop.

Asy’ari Hidayah Hanafi, S.Pd
Guru SMP Negeri 1 Adonara Tengah
Anggota AGUPENA Flores Timur

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar